oleh

Maju di Pilkades, Heri Darmo Komitmen Bangun Desa Golowoi jadi Maju dan Mandiri

FLORESNEWS.id, Manggarai– Maju dalam pertarungan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) periode 2021-2027, Calon Kepala Desa Golowoi, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai Nomor urut 2, Heri Anto Darmo, berkomitmen untuk membangun Desa Golowoi menjadi desa yang maju adil dan berdaya saing layaknya desa yang berada di Ibu Kota Kecamatan.

“Saya punya cita-cita besar membangun Desa Golowoi lebih Maju dari keadaan sekarang. Desa Golowoi letaknya sangat strategis karena berada di jantung kota kecamatan, tapi kelihatan seperti tidak punya daya saing,” ungkap Heri Darmo, kepada Flores News, Rabu (29/9/2021) pagi.

Menurut Heri Darmo, membangun Desa Golowoi tidaklah sulit. Sebab desa tersebut hanya terdiri dari 2 anak kampung yakni Golowoi dan Meda dan hanya memiliki kurang dari 500 Kepala Keluarga. Sementara intervensi pembangunannya sedikit lebih banyak dari Desa lain, karena berada di kota kecamatan Cibal Barat.

Namun pada kenyataanya, Desa Golowoi nampak tertinggal jauh dari Desa tetangga yang ada di Kecamatan Cibal Barat. Ketertinggalan itu dilihat dari berbagai aspek, baik dari pembangunan infrastruktur maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Alumni PMKRI Cabang Makassar itu menjelaskan, sejak lahirnya UU Desa No.6 tahun 2014 Tentang Desa diikuti dengan banyaknya Dana Desa yang diberikan pemerintah pusat, seperti belum memberi dampak positif pada pembangunan di Desa Golowoi.

“Tidak ada pengaruh sama sekali terhadap Kehidupan masyarakat Desa. Makanya saya hadir sebagai putra Desa Golowoi dan berkomitmen untuk membangun Desa dengan melakukan pendekatan pemberdayaan,” jelasnya.

Alumni STIK GIA Makassar itu mengatakan, sudah saatnya potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada Desa dimanfaatkan. SDM yang dimaksud Heri adalah keberadaan para sarjana muda. Generasi muda dinilai sangat potensial untuk mempercepat kemajuan desa.

“Contoh, untuk menghidupkan kembali BUMDesa. Ketika BUMDesa dikelola dengan baik oleh orang yang tepat saya optimis BUMDesa kita bisa bangkit kembali dari keterpurukannya selama ini terjadi,” kata Heri.

Heri menjelaskan, selain untuk meningkatkan Pendapatan Desa, hadirnya BUMDes juga harus mampu menekan laju Pengangguran. Sementara pengelolaan BUMDesa di Desa Golowoi di bawah pemerintahan Kepala Desa Sebelumnya dinilai tidak berhasil. Sehingga kedepan harus ada langkah strategis untuk melakukan perbaikan.

“Selain itu pembangunan jalan tani yang sampai hari ini belum ada asas manfaatnya. Pembangunan Kantor Desa Permanen belum ada, perhatian terhadap Rumah Ibadat dan Rumah adat nyaris tidak ada perhatian sama sekali,” kritik Heri.

Berbekal lebih dari 5 tahun atau sejak 2016 menjadi Pendamping Lokal Desa, Hery Optimis, ketika dipercayakan warga akan mampu membawa Desa Golowoi dari status Desa berkembang menjadi Desa Maju dan Mandiri.

Berdasarkan Indeks Desa membangun atau IDM 2020, Desa Golowoi telah berubah status dari Desa tertinggal menjadi Desa berkembang. Sehingga upaya kedepan adalah untuk lebih ditingkatkan lagi menjadi desa yang maju atau mandiri.

“Ada beberapa kriteria desa Maju, misalnya Infrastruktur sudah bagus, fasilitas Umum sudah memadai, kebutuhan ekonomi masyarakat terpenuhi, pendidikan dan pelayanan kesehatan cukup baik dan sebagainya. Itu terwujud apabila pemimpin berkomitmen kuat,” terangnya.

Heri Darmo juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan di tengah tahapan Pilkades berlangsung. Memilih pemimpin bukan saja karena kedekatan keluarga atau wilayah tetapi melihat sosok yang kompeten dan mampu membawa Desa untuk menjadi lebih baik ke depan.

“Saya berkeyakinan dengan bekal dan pengalaman selama ini serta niat yang tulus, saya bisa mengantar desa Golowoi ke arah yang lebih maju. Saya berharap masyarakat Golowoi dan Meda mendukung niat saya,” tutupnya.

Berikut visi-misi Heri Anto Darmo Calon Kepala Desa Golowoi Periode 2021-2027, Nomor Urut 2.

Visi: “Terwujudnya Desa Golowoi Maju, Mandiri, Adil, Sejahtera dan Berdaya saing”

Misi:
1.Terwujudnya Tata kelola Pemerintah Desa yang bersih dan bebas dari KKN.
2.Mengedepankan kejujuran, keadilan, Transparan, akuntabel, disiplin Anggaran dalam Pengelolaan Dana Desa.
3.Meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa dengan menghidupkan kembali BUMDesa.
5.Meningkatkan sarana dan prasarana Infrastruktur, ekonomi, pendidikan, Kesehatan dan kebudayaan diDesa.
6.Meningkatkan kehidupan yang harmonis, toleransi, saling menghormati dalam kehidupan bermasyarakat dan berbudaya di Desa Golowoi.
7.Melakukan Pemberdayaan Terhadap Rumah Tidak layak Huni dan bantuan lainnya terhadap Masyarakat Desa.
8.Melakukan Pemberdayaan Terhadap Fasilitas Umum seperti Pembangunan Kantor Desa, Pembangunan Gereja/Kapela dan bantuan terhadap Rumah Adat.
9.Meningkatkan Pelayanan yang maksimal kepada Masyarakat Desa dan daya saing Desa. (05/FN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Menjadi pemimpin merupakan impian sebagian besar orang untuk mewujudkan mimpi yang tertanam dalam dirinya tentang sebuah kemajuan baik dalam infrastrutur maupun kehidupan yang layak bagi sebuah komunitas yang dipimpinnya yang tergambar dalam benak setiap pemimpin maka sangat perlu memiliki motivasi dan semangat juang yang tinggi dan berorientasi positif maka ketika itu dilakukan maka sangat mudah baginya untuk menggerakkan orang-orang atau SDM yang berada di sekitarnya, inilah yang disembut dengan kemampuan leadership yang baik. Seorang pemimpin harus menjadikan mimpi pribadinya menjadi mimpi bersama dengan catatan dia harus punya orientasi positif ” bebas dari KKN: SEMOGA BERAMANAH

News Feed