oleh

PON XX Papua: Diperkuat 3 Putra Kelahiran NTT dan 1 Putra Sumut, Tim Kempo Bali Raih Emas

-Olahraga-1.543 views

Tim Kempo Bali di PON XX Papua

FLORESNEWS.ID, Jayapura – Hari pertama bertanding tim kempo Bali berhasil menggaet 1 medali emas nomor embu beregu putra. Empat kenshi unggulan Bali yaitu Walter Rau, Erasmus Naris Fendi, Yerestus Varis Mardi dan Rudyanto Sihalolo. Tiga diantaranya adalah putra kelahiran NTT.

Walter Rau adalah putra asli Manggarai Timur kelahiran Kampung Lereng, Desa Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba Utara. Ia sudah tiga kali mewakili Provinsi Bali dalam perhelatan PON cabang olahraga (cabor) kempo. Dua kenshi lainnya yaitu Erasmus Naris Nendi dan Yerestus Varis Mardi adalah putra kembar asal Pau Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Manggarai.

Sementara itu, satu kenshi Kempo Bali yaitu Rudyanto Sihalolo adalah putra kelahiran Samosir, Sumatera Utara. Mereka meraih poin tertinggi meninggalkan empat propinsi lainnya. 

Informasi yang dihimpun media ini, pertandingan cabang olahraga Shorinji Kempo tersebut berlangsung di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua di GOR STT Gidi Jayapura Sabtu, (9/10/2021).

Tim kempo Bali tampil  penuh percaya diri. Babak pertama Walter dkk mengantongi poin tertinggi 272, kemudian disusul Kaltim 267, NTT 266, Papua 263, dan Sumatera Barat 261.

Di babak kedua, Bali yang tampil di urutan kelima lagi-lagi meraih poin tertinggi. Skor tim Bali tidak berubah tetap diangka 272, disusul urutan kedua Kaltim 267, NTT posisi ketiga dengan poin 267, Sumbar di posisi keempat dengan poin 264 dan tuan rumah Papua meraih poin 261.

Dikonfirmasi media ini Sabtu (9/10/2021) malam Walter Rau mengatakan ia, dkk masih memiliki peluang untuk mendulang banyak medali.

“Masih banyak lagi peluang untuk memperoleh medali, besok kami akan melanjutkan pertandingan di nomor beregu campuran, randori (tarung) kelas 60 kg putra, randori putri kelas 50 kg dan seni berpasangan satu,” ungkapnya penuh optimis.

Harapan Untuk Generasi Muda NTT

Dikatannya pembinaan kempo Indonesia  sangat bagus dan polanya sama sehingga harus dikembangkan di tengah masyarakat. Dirinya berpesan untuk generasi muda yang berbakat di NTT bahwa pengembangan diri bisa lakukan dimana saja, asalkan punya semangat dan  percaya diri yang tinggi.

“Harapan saya untuk anak muda NTT, harus punya keberanian untuk mengekplorasi diri dalam bidang apa saja, termasuk  olahraga kempo. Pengembangan diri itu penting, biar jangan lewatkan masa muda dgn hal-hal yang biasa saja,” ungkapnya.

Kepada pemerintah daerah di NTT ia berpesan agar selalu fasilitasi pengembangan minat bakat generasi muda dalam bidang apa saja termasuk olahraga melalui pembinaan berjenjang mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

“Pemerintah melalui KONI masing-masing kabupaten/kota di NTT agar selalu fasilitasi  program penyaluran bakat dalam bidang apa saja termasuk olahraga. Masukan olahraga itu ke sekolah-sekolah, baik tingkat SD, SMP, SMU hingga perguruan tinggi,” pungkasnya. (sj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed