oleh

Anggota DPRD Geram, PLN Padam Nakes di RS Ruteng Rawat Pasien dalam Kegelapan

FLORESNEWS.ID, Manggarai– Situasi yang kurang baik kembali terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ben Mboi Ruteng, pada Rabu (13/10/2021) malam. Betapa tidak, saat listsrik PLN padam, para tenaga medis melayani para pasien di tengah kegelapan. Beberapa nakes lainnya menggunakan alat bantu penerangan dengan senter handphone.

Selain para Nakes, nampak keluarga pasien yang datang ke RS terpaksa menyalakan senter HP sebagai alat bantu penerangan. Terdengar keluarga dari pasien menyahut dan mengeluhkan kondisi tersebut.

Pantauan Flores News, situasi kegelapan tersebut terjadi selama lebih dari 1 jam sejak pukul 18.00 hingga pukul 19.00 Wita.

Situasi itu kemudian mendapat komentar dari salah seorang anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Ursula Anur. Ursula yang pada saat itu menyaksikan lansung kondisi kegelapan itu.

Anggota DPRD Fraksi PAN itu mengaku sangat prihatin dengan kondisi yang yang terjadi. Menurutnya hal ini sangat mengancam keselamatan para pasien yang sedang dirawat.

“Semisal sedang dalam tindakan operasi atau pasien jantung yang membutuhkan alat pompa jantung elektrik. Bagaimana dengan nasib para pasien yang seperti ini?,” ujarnya saat dijumpai di Rumah Sakit.

Legislator asal Kecamatan Lelak itu mengatakan seharusnya pihak RS mampu mendenteksi dan mengantisipasi hal-hal yang mengancam keselamatan pasien terutama berkaitan dengan penerangan.

Selain itu, Ursula pun berharap agar pemerintah daerah segera memberikan perhatian terhadap sistem penerangan yang terjadi di lembaga layanan kesehatan masyarakat itu. Sebab Citra RS dan pemerintah daerah akan rusak apabila ada korban jiwa akibat kondisi ini.

“Pemadaman seperti ini kan pernah terjadi sebelumnya. Lalu dimana Pemda Manggarai? Mengapa tidak memikirkan secara serius,” tanya Ursula.

Sebagai informasi media ini, sudah mencoba mengonfirmasi pihak RSUD Ruteng. Namun hingga berita ini diturunkan belum ada klarifikasi yang disampaikan terkait alasan di balik kegelapan yang terjadi. (Arl 05/FN)

BACA JUGA :  Pastor di Ruteng Temukan Mayat Seorang Pembantu yang Membusuk dalam Kamar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed