oleh

Disparbud Sikka Gelar Pelatihan Kuliner Bagi 40 Pelaku UMKM Desa Wisata

FLORESNEWS.ID, Sikka-Pemerintah Kabupaten Sikka, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di destinasi pariwisata, bagi 40 peserta dari 13 desa wisata dalam wilayah Kabupaten Sikka, di Hotel Sea World ClubMaumere, Rabu (13/10/2021) siang.

“Dalam dunia pariwisata, kuliner sangat memegang peranan yang sangat penting. Karena setiap wisatawan yang datang berkunjung ke daerah destinasi pariwisata mereka akan menikmati makanan tradisional di daerah tersebut,” kata Kepala Disparbud, Petrus Poling Wairmahing dalam sambutan saat membuka kegiatan.

Petrus mengatakan, melalui kegiatan ini peserta diharapkan memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang ekosistem kuliner Indonesia. Standar dan ketentuan higienitas sajian kuliner di Indonesia dan dunia, serta mampu berkreativitas, inovasi dan pemasaran kuliner.

“Oleh karena itu manfaatkan kesempatan pelatihan selama tiga hari ini dengan serius dan sungguh sungguh,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Industri dan Ekonomi Kreatif Disparbud Sikka Emma Irmina Puli dalam laporannya menyampaikan tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola usaha kuliner dalam melakukan inovasi dan meningkatkan higienitas sajian kuliner agar lebih berkualitas dan bernilai jual.

“Tujuan diberikan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan pengembangan destinasi wisata kuliner. Memberikan pengetahuan dan skill menyangkut tata kelola makan dan minuman berstandar (CHSE),” jelasnya

Irmina menambahkan, selain itu, tujuan pelatihan ini untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kualitas standar bagi wisatawan di destinasi serta mendorong inovasi dan kreativitas di bidang kuliner lokal agar memiliki nilai tambah dan berdaya saing tinggi khususnya di masa pandemi agar dapat menarik wisatawan.

Disaksikan langsung Flores News, dalam pelatihan ini Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Sikka menghadirkan dua orang instruktur yang bersertifikasi yakni Paulina Pakum Trainer dan Guru Tata Boga pada SMK Tawa Tanah Kewapante dan Sefnnita  Saptraya Titus, Master Trainer dari Destination Management Organization( DMO) Flores.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadis Disparbud Kabupaten Sikka, Sekdis, para Kabid dan staf dari Disparbud, 40 orang peserta pelatihan, Manager SWC, Yohanes Kosmas Perwakilan dari HPI Sikka, Ignasius Kasar Perwakilan dari Asita Sikka dan tamu undangan lainnya. ( SAS 05/FN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed