oleh

Apresiasi Prestasi Marko, Boni Hargens Minta Pemda Beri Beasiswa

-Berita, Olahraga-1.377 views

FLORESNEWS.ID, Manggarai- Tokoh Nasional,  asal Manggarai, NTT, Boni Hargens,Ph.D., menyampaikan apresiasi dan mengungkapkan kebanggaan atas prestasi yang diraih oleh atlet Kempo kebanggaan Manggarai Aprilianus Marko Jolo Jahang.

“Saya bangga. Anak muda yang berpotensi macam Marco harusnya diberi perhatian khusus baik oleh Pemda Provinsi maupun pusat. Misalnya diberi beasiswa untuk kuliah di kampus terbaik,” kata Boni Hargens kepada Flores News.

Boni Hargens menjelaskan, prestasi yang diraih oleh Marko layak diapresiasi oleh masyarakat Manggarai, Provinsi NTT, termasuk Indonesia. Ia kemudian meminta organisasi yang bergerak di bidang olahraga  Kempo maupun cabang olahraga lainnya terus membina potensi para atlet.

“KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) juga harus menjaring bakat-bakat muda seperti (Marko) ini,” tambahnya.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Atlet Kempo perwakilan Indonesia asal Manggarai, Aprilianus Marko Jolo Jahang, meraih medali emas dalam ajang World Kempo Championships 2021 yang diselenggarakan di Antalya, Turki, Kamis (28/10/2021) waktu setempat.

Informasi kemenangan Marco dibenarkan oleh ketua umum Federasi Kempo Indonesia (FKI) NTT, Kanis Nasak. Kanis mengatakan kemenangan itu diraih Marko setelah berhasil mengalahkan atlet lain yang merupakan perwakilan dari 29 negara berbeda.

“Iya benar. Saya telah mendapatka informasi langsung dari Markonya sendiri dan dari pelatih yang mendampingi dia di sana. Dan kami menonton langsung melalui siaran di YouTube,” kata Ketua Umum Federasi Kempo Indonesia (FKI) NTT, Kanis Nasak saat ditemui, di Ruteng, Jumat (29/10) pagi.

Kanis Nasak mengatakan, kemenangan Marko patut diapresiasi. Pasalnya, pada turnamen ini Marko adalah atlet pertama dari indonesia yang meraih medali emas. Kemenangan Marko, diharapkan bisa memotivasi dan memacu semangat para atlet lain yang akan bertarung.

BACA JUGA :  Respon Tuntutan MPK, Bupati Sikka Copot Mayella da Cunha dari Jabatan Kadis PKO

“Kita bangga. Bahkan ini kebanggaan negara Indonesia. Karena Marko ke Turki bukan saja mewakili Manggarai melainkan mewakili negara Indonesia,” kata Senpai IV DAN itu.

Kanis Nasak mengatakan di sisi lain prestasi Marko menjadi hadia terindah untuk bangsa indonesia karena kemenangannya bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Sehingga dengan begitu para pemuda lain pun diharapkan bisa memiliki semangat yang sama untuk mengharumkan nama Indonesia dalam bentuk apapun.

“Saya berharap, Kemenangan dan prestasi yang diraih Marko menjadi pemicu atau spirit baru untuk para ksatria lain di FKI NTT,” tambah pria kelahiran Cancar ini.

Kanis membeberkan dalam 3 tahun terakhir Marko diketahui beberapa kali mengikuti ajang bergengsi. Bahkan pada tahun 2020 remaja kelahiran, Carep, Kecamatan Langke Rembong ini meraih medali perunggu dalam kejuaraan Kempo internasional di Tunisia.

“Tahun 2018 Marko meraih medali perunggu pada kejurnas di Bandung. Kemudian pada tahun 2020 mendapat mendali perunggu dalam laga Kejurda Jakarta. Pada tahun yang sama (2020) mengikuti kejuaraan Kempo internasional di Tunisia secara virtual dapat perunggu,” tutup Kanis Nasak.(Arlan 05/FN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed